حَدَّثَنَا أَحْمَدُ
بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ
عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ عَنْ عَاصِمِ بْنِ حُمَيْدٍ عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ
الْأَشْجَعِيِّ قَالَ قُمْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَقَامَ فَقَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ لَا
يَمُرُّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ فَسَأَلَ وَلَا يَمُرُّ بِآيَةِ عَذَابٍ
إِلَّا وَقَفَ فَتَعَوَّذَ قَالَ ثُمَّ رَكَعَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُولُ فِي
رُكُوعِهِ سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ
وَالْعَظَمَةِ ثُمَّ سَجَدَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ فِي سُجُودِهِ مِثْلَ
ذَلِكَ ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ بِآلِ عِمْرَانَ ثُمَّ قَرَأَ سُورَةً سُورَةً
(ABUDAUD - 739) : Telah menceritakan kepada kami
Ahmad bin Shalih telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb telah menceritakan
kepada kami Mu'awiyah bin Shalih dari 'Amru bin Qais dari 'Ashim bin Humaid
dari 'Auf bin Malik Al Asyja'i dia berkata; "Di suatu malam, aku
mengerjakan shalat bersama Rosululloh shallallahu 'alaihi wasallam, beliau
kemudian berdiri dan membaca surat Al Baqarah, tidaklah beliau melewati ayat
tentang rahmat, pasti beliau berhenti dan memohon kepada-Nya, dan tidaklah
melewati ayat tentang adzab, melainkan beliau berhenti dan meminta perlindungan
darinya." katanya melanjutkan; "Kemudian beliau ruku' yang lamanya
seperti beliau berdiri, dalam ruku'nya beliau mengucapkan: "subahaana
dzil jabaruuti wal malakuuti wal kibriyaa`i wal 'azhamati (Maha suci dzat
yang memiliki sifat kekuasaan, kerajaan, kebesaran dan keagungan)."
Kemudian beliau sujud yang lamanya seperti beliau berdiri, dalam sujudnya
beliau mengucapkan seperti itu juga, sesudah itu beliau berdiri, lalu membaca
surat Ali Imran, kemudian membaca surat demi surat."
أَخْبَرَنِي هَارُونُ
بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سَوَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا
لَيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ
الْكِنْدِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ عَاصِمَ بْنَ حُمَيْدٍ يَقُولُ سَمِعْتُ عَوْفَ بْنَ
مَالِكٍ يَقُولُ قُمْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَبَدَأَ فَاسْتَاكَ وَتَوَضَّأَ ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى
فَبَدَأَ فَاسْتَفْتَحَ مِنْ الْبَقَرَةِ لَا يَمُرُّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ إِلَّا
وَقَفَ وَسَأَلَ وَلَا يَمُرُّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلَّا وَقَفَ يَتَعَوَّذُ ثُمَّ
رَكَعَ فَمَكَثَ رَاكِعًا بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُولُ فِي رُكُوعِهِ سُبْحَانَ ذِي
الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ ثُمَّ سَجَدَ
بِقَدْرِ رُكُوعِهِ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ
وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ ثُمَّ قَرَأَ آلَ عِمْرَانَ ثُمَّ
سُورَةً ثُمَّ سُورَةً فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ
(NASAI - 1120) : Telah mengabarkan kepada kami Harun
bin 'Abdullah dia berkata; telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Sawwar
dia berkata; telah menceritakan kepada kami Laits bin Sa'ad dari Mu'awiyah bin
Shalih dari 'Amr bin Qais Al Kindi bahwasanya dia mendengan 'Ashim bin Humaid
berkata; aku mendengar 'Auf bin Malik berkata; "Aku pernah solat bersama
Nabi Shallallahu'alaihi wasallam, lalu beliau mulai bersiwak dan berwudhu.
Kemudian beliau berdiri dan shalat. Beliau mengawali shalatnya dengan membaca
surat Al Baqarah. Beliau tidak melewati ayat tentang rahmat kecuali beliau
berhenti dan memohon (rahmat). Beliau juga tidak melewati ayat tentang adzab
kecuali beliau berhenti dan berlindung darinya. Kemudian beliau ruku' hingga ia
tenang dalam keadaan ruku' seukuran berdirinya, sambil membaca: 'Subhana dzil
jabaruuti wal malakuuti wal kibriyaai wal 'adzamati (Maha Suci Dzat yang
mempunyai hak memaksa dan kekuasaan, serta yang memiliki kesombongan dan
keagungan) ' saat ruku'. Lantas beliau Shallallahu'alaihiwasallam sujud
seukuran ruku'nya tadi dengan membaca: 'Subhana dzil jabaruuti wal malakuuti
wal kibriyaai wal 'adzamati'. Kemudian beliau membaca surat Ali 'Imran,
kemudian surat lainnya, dan beliau juga melakukan hal yang sama - di rakaat
berikutnya -."
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ
بْنُ سَوَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا لَيْثٌ عَنْ مُعَاوِيَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ
الْكِنْدِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ عَاصِمَ بْنَ حُمَيْدٍ يَقُولُ سَمِعْتُ عَوْفَ بْنَ
مَالِكٍ يَقُولُ قُمْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَبَدَأَ فَاسْتَاكَ ثُمَّ تَوَضَّأَ ثُمَّ قَامَ
يُصَلِّي وَقُمْتُ مَعَهُ فَبَدَأَ فَاسْتَفْتَحَ الْبَقَرَةَ لَا يَمُرُّ بِآيَةِ
رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ فَسَأَلَ وَلَا يَمُرُّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلَّا وَقَفَ
يَتَعَوَّذُ ثُمَّ رَكَعَ فَمَكَثَ رَاكِعًا بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُولُ فِي
رُكُوعِهِ سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ
وَالْعَظَمَةِ ثُمَّ قَرَأَ آلَ عِمْرَانَ ثُمَّ سُورَةً فَفَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ
(AHMAD - 22855) : Telah bercerita kepada kami Al
Hasan bin Sawwar berkata: Telah bercerita kepada kami Laits dari Mu'awiyah dari
'Amru bin Qais Al Kindi ia mendengar 'Ashim bin Humaid berkata: Aku mendengar
'Auf bin Malik berkata; Aku berdiri bersama Rosululloh Shallalahu 'alaihi wa
sallam, beliau memulai lalu beliau bersiwak kemudian wudlu, setelah itu beliau
shalat, aku berdiri bersama beliau, beliau memulai lalu membuka surat Al
Baqarah, tidaklah beliau melintasi ayat rahmat melainkan beliau berhenti lalu
meminta dan tidaklah melintasi ayat adzab melainkan beliau berhenti lalu
meminta perlindungan diri, setelah itu beliau ruku' lalu diam dalam keadaan
ruku' seukuran lamanya saat berdiri, saat ruku' beliau membaca: SUBHAANA DZIL
JABARUUT WAL MALAKUUT WAL KIBRIYAA` WAL 'ADLAMAH. Setelah itu beliau membaca
Aali 'Imraan kemudian satu surat lain, lalu beliau melakukan seperti itu.
Analisa
1. Timbul
pertanyaan, seandainya Imamnya tidak melakukan hadis di atas, maka makmum
wajibkah mengikutinya?
2.
Jawabnya tentu tidak
3.
Karena Imam tidak melakukan yang ada dalam petunjuk
hadis
4.
Jadi bagaimana posisi makmum jika Imam cepat
solatnya?
5.
Jawabnya silakan Imam solat apa yang ia lakukan
6.
Tetapi makmum harus melakukan mendekati seperti hadis di atas, biarpun
dia terlambat
7.
Karena mengikuti Imam yang tidak menurut hadis tentu tidak wajib
diikuti
8.
Kemudian belum diketahui apakah ada hadis yang
membatasi berapa rukun minimal makmum tinggal dari gerakan Imamnya baru disebut
batal berjamaah
9.
Yang ada mendahului Imam yang salah, kalau
terbelakang belum ada batasan berapa rukun
10. Jika ada
batasan berapa rukun minimal yang boleh tertinggal baru diamalkan hadisnya
11. Jika belum
ditemukan maka boleh berapa rukun dalam rangka mengamalkan hadis Rasul
12. Tetapi Imam
kita perlu disarankan agar mengamalkan solat sesuai dengan hadis yang ada
13. Jangan
diikuti selera makmum yang banyak yang jauh dari ajaran hadis
14. Jika selera
makmum yang diikuti, kapan lagi ajaran hadis terlaksana
15. Jika ada
bertanya sama Imam lakukanlah sesuai dengan kemampuan makmum yang banyak yaitu
ringkaskan saja
16. Jawabannya
malulah kita solat yang tidak sesuai dengan hadis Rasul
17. Apa gunanya
kita solat kalau solat kita salah menurut hadis
18. Jika ada
ancaman, jika solat lama seperti hadis di atas,maka kami akan mengundurkan diri
dari makmum saudara?
19. Jawabannya
silakan dia mengundurkan diri
20. Solusinya
sudaraku para Imam, mari kita semua yang sanggup jadi Imam mengamalkan solat
sesuai dengan hadis
21. Jika semua
Imam dengan demikian tentu makmum pasti akan mengikutinya dengan pelan-pelan
serta menganalisa mana yang baik dan menguntungkan
22. Karena tidak
masuk akal tata cara solat Rasul dalam hadis membuat umatnya merugi, tetapi
justru menguntungkan atau makmum tidak mau berjamaah karena semua Imam mengikuti
yang dibuat Rosul
23. Hanya saja
karena belum dilakukan maka dinilai sangat merugikan dan menghambat kerja tepat
waktu
24. Lamanya
rokaat pertama selama membaca doa iftitah, al-Fatihah dan suroh al-Baqoroh pada
rokaat pertama, pada rokaat kedua baca al-Fatihah dan suroh Ali ‘Imron
25. Berarti
lamanya ruku’, i’tidal
dan seterusnya sama dengan lamanya berdiri
26. Timbul
pertanyaan berapa kali dibaca سُبْحَانَ ذِي
الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ dan bacaan
lainnya, jawabannya
tentu berkali-kali sampai ada perkiraan telah seimbang dengan lamanya berdiri
27. Demikian
jugalah bacaan rukun yang lainnya, atau boleh saja dikumpul bacaan yang ada
dalam hadis Rasul pada saat i’tidal,
sujud dan selanjutnya
28. Jika pada rokaat ketiga dan keempat lamanya sekedar membaca
al-Fatihah saja
29. Maka minimal lamanya ruku’,i’tidal,sujud dan duduk antara dua sujud sekedar lamanya
membaca al-Fatihah sebaiknya
30. Waktu
istirahat kantor ada 90 menit, mari dimanfaatkan solat dengan baik dan makan
yang sempurna
No comments:
Post a Comment