BASMALAH Bukan Dijaharkan Imam - Drs. Dame Siregar, M.A

BASMALAH Bukan Dijaharkan Imam

Share This


                                          
2601 - عبد الرزاق عن إسرائيل عن ثوير (5) بن أبي فاختة عن أبيه : أن عليا كان لا يجهر ببسم الله الرحمن الرحيم ، كان يجهر بالحمد لله رب العالمين (6). الكتاب : مصنف عبد الرزاق
Sesungguhnya ‘Ali tidak menjaharkan BASMALAH, tetapi dia menjaharkan hamdalah.(Abdur Rozaq:No.2601)
2596 - عبد الرزاق عن معمر عن حماد عن إبراهيم قال أربع يخفيهن الإمام بسم الله الرحمن الرحيم والإستعاذة وآمين وإذا قال سمع الله لمن حمده
قال ربنا لك الحمد عبد الرزاق         

Ada empat masalah yang dibaca Imam dengan sir,1.Membaca BASMALAH, 2.ISTI’ADZAH, 3. AMIN, 4.Robbana lakal hamd.Dan  Ibrahim an Nakhkh’iy berpendapat, menjaharkan BASMALAH itu adalah bid’ah.(ِAbdur Rozaq:No.2596)

Penjelasan
1.                  Ada dua yang disirkan sebelum membaca Al- Fatihah yaitu membaca BASMALAH dan ISTI’ADZAH ( audzu billahi minasy syaitonir rojim) (duluan BASMALAH baru ISTI’ADZAH),dan ada duluan ISTI’ADZAH baru BASMALAH.                                                          
2.                  Ada dua yang disirkan sesudah membaca Al- Fatihah yaitu membaca ta’min ( AMIN) dan membaca ROBBANA LAKAL HAMDU saat i’tidal.
3.                  Hadis ini mengkuatkan bahwa ayat pertama suroh al- Fatihah itu adalah ALHAMDU LILLAHI ROBBIL ‘ALAMIN, bukan BASMALAH sebagaimana yang  diamalkan oleh sebagian saudara umat Islam                                               
4.                  Hal ini diperkuat oleh bahwa dua disirkan sesudah al –Fatihah yaitu AMIN dan ROBBANA LAKAL HAMDU, menunjukkan bahwa akhir suroh al- Fatihah itu WA LADDOLLIN, tidak ikut kata AMIN suroh al- Fatihah. Makanya membaca AMIN adalah disirkan bukan dijaharkan sebagaimana yang diamalkan sebagian saudara umat Islam                                                                              
5.                  Jadi jelas bahwa awal suroh al-Fatihah adalah Alhamdulillah robbil ‘alAMIN dan ayat ke tujuh adalah GOIRIL magdubi ‘alaihim wa laddollin, dan cara membacanya disirkan, sekaligus dalil membaca AMIN dengan serentak.
6.                  Batas sirnya baca AMIN adalah sekedar dapat didengar oleh diri sendiri jika ia solat sendirian dan dapat didengar oleh   makmum pada baris pertama jika solat berjamaah. dalilnya sebagai berikut.

حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ أَخْبَرَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى عَنْ بِشْرِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ عَمِّ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا تَلَا { غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ } قَالَ آمِينَ حَتَّى يَسْمَعَ مَنْ يَلِيهِ مِنْ الصَّفِّ الْأَوَّلِ

(ABUDAUD - 799) : Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali telah mengabarkan kepada kami Shafwan bin Isa dari Bisyr bin Rafi' dari Abu Abdullah anak paman Abu Hurairah dari Abu Hurairah dia berkata; "Apabila Rosululloh shallallahu 'alaihi wasallam membaca "Ghairil maghdluubi 'alaihim waladl dlaallin", beliau mengucapkan; "AMIN" sehingga orang yang berada di belakang beliau di shaf pertama mendengar beliau ucapan beliau." 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ رَافِعٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ عَمِّ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ تَرَكَ النَّاسُ التَّأْمِينَ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَالَ { غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ } قَالَ آمِينَ حَتَّى يَسْمَعَهَا أَهْلُ الصَّفِّ الْأَوَّلِ فَيَرْتَجُّ بِهَا الْمَسْجِدُ

(IBNUMAJAH - 843) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Shofwan bin Isa berkata, telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Rafi' dari Abu Abbdullah bin Ammi Abu Hurairah dari Abu Hurairah ia berkata; "Orang-orang banyak meninggalkan bacaan AMIIN, padahal Rosululloh shallallahu 'alaihi wasallam jika membaca GHAIRIL MAGHDLUUBI 'ALAIHIM WALADL DLALLIIN beliau mengucapkan AMIIN hingga orang-orang yang berada di shaf pertama mendengarnya, dan masjid pun bergemuruh. "
                                                                                                                                                                                          
799 - حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ أَخْبَرَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى عَنْ بِشْرِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ عَمِّ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا تَلَا { غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ } قَالَ آمِينَ حَتَّى يَسْمَعَ مَنْ يَلِيهِ مِنْ الصَّفِّ الْأَوَّلِ

Dari Abu Huroiroh ia berkata adalah Rosululloh saw. apabila membaca GOIRIL MAGDUBI ‘ALAIHIM WA LADDOLLIN, maka beliau membaca AMIN, dengan ukuran suaranya sekedar dapat didengar oleh seorang makmum pada baris pertama.                                                          
843 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ رَافِعٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ عَمِّ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ تَرَكَ النَّاسُ التَّأْمِينَ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَالَ { غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ } قَالَ آمِينَ حَتَّى يَسْمَعَهَا أَهْلُ الصَّفِّ الْأَوَّلِ فَيَرْتَجُّ بِهَا الْمَسْجِدُ=ابن ماجة=

”Dari Abu Huroiroh ia berkata adalah Rosululloh saw. apabila membaca GOIRIL MAGDUBI ‘ALAIHIM WA LADDOLLIN, maka beliau membaca AMIN, dengan ukuran suaranya sekedar dapat didengar oleh seorang makmum pada baris pertama.

181 - أخبرنا مسلم بن خالد ، وعبد المجيد بن عبد العزيز ، عن ابن جريج ، عن موسى بن عقبة ، عن عبد الله بن الفضل ، عن عبد الرحمن الأعرج ، عن عبيد الله بن أبي رافع ، عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه ، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، قال أحدهما : كان إذا ابتدأ الصلاة ، وقال الآخر : كان إذا افتتح الصلاة قال : « وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا (1) وما أنا من المشركين ، إن صلاتي ، ونسكي ، ومحياي ، ومماتي لله رب العالمين ، لا شريك له ، وبذلك أمرت » ، قال أحدهما : « وأنا أول المسلمين » ، وقال الآخر : « وأنا من المسلمين » قال الشافعي رضي الله عنه : ثم يقرأ القرآن بالتعوذ ثم ( بسم الله الرحمن الرحيم (2) ) . فإذا أتى عليها قال : « آمين » ويقول من خلفه ، إن كان إماما يرفع صوته حتى يسمع من خلفه إذا كان يجهر بالقراءة=الشافعي=
”Apabila sampai bacaan AMIN, maka makmum baca AMIN. Jika dia Imam mengkuatkan AMINnya sehingga dapat satu orang makmumnya,jika solat jahar.                                                                            

1.                Bukan perlu dijama’kan jika kita Imam yang membaca dengan merobah huruf alif menjadi huruf nun menjadiنعوذ بالله من الشيطن الرجيم  
2.                Analisanya adalah bahwa yang minta perlindungan itu masing-masing
3.                Buktinya bacaan suroh al-Fatihah Imam belum berlaku terhadap Makmum
4.                Di mana Makmum masih wajib baca al-Fatihah setelah membaca AMIN bersama setelah habis baca  al-Fatihah Imam
5.                Oleh karenanya tidak ada perbedaan tanda ‘ain di tengah suroh dengan tanda ‘ain yang ada di awal suroh
6.                Makanya setiap membaca Alquran baik di awal suroh maupun di tengah suroh maka diawali dengan membaca isti’azdah   اعوذ بالله من الشيطن الرجيم     
7.                Dalilnya sebagai berikut:
#sŒÎ*sù |Nù&ts% tb#uäöà)ø9$# õÏètGó$$sù «!$$Î/ z`ÏB Ç`»sÜø¤±9$# ÉOŠÅ_§9$# ÇÒÑÈ  
98. apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.

No comments: